Kamis, 30 Maret 2017

UNBK TERKENDALA TEKNIS

UNBK BERMASALAH?
online (upload).
Ujian Naional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 yang tahun ini akan dilaksanakan menuai banyak kendala Teknis di lapangan.
Sekolah harus mengadakan beberapa unit komputer untuk menyikapi kebijakan tersebut. Tentunya sekolah kecil yang tersendat dengan biaya harus mencari sumber dana lebih agar sekolahnya tidak menginduk ke sekolah yang fasilitas sarana komputernya lengkap.
Sekolahpun harus menambah kapasitas jaringan internet dengan yang lebih besar agar mampu untuk digunakan secara Online pada saat jadwal UNBK dilaksanakan.
Beberapa tahapan uji coba dari provinsi dilakukan untuk melihat secara teknis kesiapan Ujian berbasis komputer ini. Penjadwalan simulasi sudah ditetapkan dan setiap sekolah sudah mendapatkan sesi penjadwalan simulasi yang mengujikan hanya beberapa mata pelajaran saja. Baca juga https://ubk.kemdikbud.go.id/ .

Selain itu banyak siswa yang mengeluhkan secara teknis pelaksanaan kegiatan ujian berbasir komputer ini diantaranya;
1.       Radiasi cahaya, dan pusing
       Alasan ini disampaikan siswa peserta simulasi sesi kedua pencahayaan dari layar monitor mengganggu konsentrasi pada saat membaca soal. Kendala teknis ini  siswa tersebut  jarang menggunakan laptop atau komputer di rumahnya.
2.       Banyak tejadi  (LOG Out)
       Kendala teknis yang lain yaitu server sering logout dan mengganggu kenyamanan pada saat peserta sedang serius mengerjakan soal simulasi.
3.       Jaringan Internet
      Ada istilah lemot, jaringan internet pada saat awal menjalankan server ini memang menguji siswa peserta ujian.
4.       Tidak serius pengerjaan
      Dari hal diatas peserta simulasi banyak yang bercanda pada saat terjadi kesalahan server, mengerjakan soal tidak serius dan memungkinkan hasil yang di capai dalam kegiatan simulasi ini tidak maksimal sesuai dengan yang diharapkan.
5.       Penjadwalan sesi
      Ini alasan teknis yang terakhir yang dikeluhkan siswa, server mengacak jadwal sesi kegiatan ujian; hari pertama peserta melaksanakan simulasi di sesi kedua, bisa saja hari kedua peserta mendapat giliran sesi ke tiga. Alasan peserta kurang nyaman dengan sistem penjadwalan rendom ini

Kebijakan UNBK harus kita sikapi dengan positif pemerintah tentunya menginginkan hasil lulusan yang baik yang kelak di kemudian hari mereka akan siap berkiprah di lingkungan yang baru di masyarakatnya.
Kita Masyarakat akademisi tentunya menyambut baik akan hal ini, apalagi dukungan dari pemerintah dan berbagai pihak siap dalam pelaksanaan UNBK yang digelar secara serentak di Indonesia. Sukses selalu, kendala teknis semoga bisa diatasi dan peserta tetap serius dan penuh tanggungjawab dalam mengerjakan soal ujian yang mereka hadapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar