Minggu, 26 April 2020

SURAT UNDANGAN RESMI

Bagaimana penulisan kalimat penutup surat undangan yang benar?

    Dalam  bagian  penutup surat undangan sering kita temukan kalimat "Atas kehadiran Bapak, Ibu,  Saudara, kami ucapkan terima kasih."
   Sudah betulkah kalimat tersebut untuk mengisi bagian penutup surat undangan?
    Untuk mengetahui benar- tidaknya kalimat tersebut, kita dapat menganalisisnya dari dua segi, yaitu struktur kalimat dan penalaran.
      Dari segi strukturnya, kalimat tersebut sudah merupakan kalimat yang lengkap. Kelengkapan kalimat itu dapat kita lihat dari jabatan yang terdapat dalam kalimat tersebut.
Kalau diuraikan menurut jabatannya,  " Atas perhatian Bapak, Ibu,  Saudara,
( pelengkap ), kata
 " kami " ( objek pelaku ), "ucapkan" ( predikat ), dan "terima kasih" ( subjek )
    Akan tetapi, kalau dilihat dari segi penalarannya,  kalimat tersebut tidak masuk akal. Mengapa?
Dalam surat undangan, orang yang mendapat undangan belum hadir. Masa, orang yang diundang orang belum hadir,  pengirim surat sudah mengucapkan terima kasih? Mestinya, ucapan "terima kasih atas kehadiran Bapak, Ibu, Saudara itu," disampaikan apabila orang yang diundang sudah hadir. Itu namanya ucapan terima kasih yang " prematur". Agar menjadi kalimat yang logis, kata
" kehadiran" diganti dengan kata " perhatian". Harapannya setelah menerima surat, si penerima surat memberikan perhatian.
   Selain itu, kata " ucapkan" harus diubah menjadi " sampaikan" karena bahasa yang digunakan dalam surat adalah bahasa tulis.
   Dengan uraian tersebut,
kalimat yang benar dari segi struktur dan logikanya adalah" Atas perhatian Bapak, Ibu, Saudara, kami sampaikan terima kasih."
Mengapa kata " ucapkan" juga diganti menjadi kata
" sampaikan"? Karena bahasa yang digunakan dalam surat adalah bahasa tulis.
    Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar