Rabu, 30 Agustus 2017

ALIRAN LINGUISTIK

Beberapa aliran aliran dalam linguistik yaitu:
1.      Linguistik tradisional
Aliran linguistik tradisional = aliran fungsional, yaitu sekumpulan penjelasan dan aturan gramatik yang dipakai kurang lebih selama dua ratus tahun yang lalu. Istilah tradisional dalam linguistik sering dipertentangkan dengan istilah struktural. Tata bahasa tradisional menganalisis bahasa berdasarkan filsafat dan sematik, sedangkan tata bahsa struktural menganalisis bahasa berdasarkan struktur atau ciri-ciri formal yang ada dalam bahasa
Dalam merumuskan kata kerja, misalnya, tata bahasa tradisional mengatakan kata kerja adalah kata yang menyatakan tindakan atau kejadian. Sedangkan tata bahasa struktural menyatakan kata kerja adalah kata yang dapat berdistribusi dengan frase “dengan . . . .”
A.    Linguistik Zaman Yunani
Masalah pokok :
1.pertentangan antara fisis ( alami ) dan nomos ( konvensi )
·         Fisis ( alami ) maksudnya bahasa mempunyai asal – usul, sumber dalam prinsip-prinsip abadi dan tidak dapat diganti di luar manusia itu sendiri.
·         Nomos ( konvensi ) maksudnya bahasa bersifat konvensi  artinya makna-makna itu diperoleh dari hasil-hasil tradisi  atau kebiasaan.
2.pertentangan antara analogi dan anomali
·         Analogi ( plato dan aristoteles ) bahwa bahasa bersifat teratur ( tersusun tata bahasa.)
·         Anomali bahwa bahasa tidak teratur.
B.     Zaman Romawi
Tokoh zaman romawi adalah Varro ( 116  – 27 SM ) karyanya De Lingua Latina dan Princia dengan karyanya Institutiones Grammaticae.  De Lingua Latina  dalam buku ini dibicarakan mengenai  etimologi, morfologi ( jenis kata : kata benda, kata kerja, kata partisipel dan adverbium), dan sintaksis. Institutiones Gramaticae : merupakan buku tata bahasa latin yang paling lengkap, isinya fonologi, morfologi, sintaksis.
C.    Zaman Pertengahan
Bahasa Latin menjadi lingua franca karena dipake sebagai bahasa gereja, diplomasi, dan ilmu pengetahuan. Hal penting adalah peranan kaum modistae, tata bahasa Spekulative, Petrus Hispanus.
D.    Zaman Renaisans
Zaman ini dianggap sebagai zaman pembukaan abad pemikiran abad modern. Dalam sejarah studi bahasa ada dua hal yang menonjol pada zaman renaisans yaitu
1)      Selain menguasai bahasa Latin, juga menguasai bahasa yunani, ibrani, dan arab
2)      Selain bahasa-bahasa itu, bahasa eropa lainya juga mendapat perhatian dalam bentuk pembahasan, penyusunan tata bahasa.
2.      Linguistik struktural
Aliran linguistik struktural berkembang di dua tempat, yaitu di Eropa dan Amerika. Di Eropa aliran ini dikembangkan oleh ferdinal de saussure, sedangkan di Amerika dikembangkan oleh Leonard B loomfield. Dalam pandangan linguistik struktural, bahasa adalah suatu struktur dengan tahapan yang saling berkaitan, satu kesinambungan yang bisa dianalisis. Aliran ini berusaha mendeskripsikan suatu bahasa berdasarkan ciri atau sifat khas yang dimiliki bahasa itu.

Tokoh ini menerbitkan sebuah buku berjudul Course de Linguistique Generale  yang berisi konsep :
·         Telaah sinkronik dan diskronik,
·          Perbedaan lingue dan parole,
·          Perbedaan signifian  dan signifie,
·          Hubungan sintakmatik dan paradigmatik.




B.     Aliran Praha

Aliran praha terbentuk pada tahun 1926 atas prakasa salah seorang tokohnya, yaitu Vilem mathesius. Tokoh-tokoh lainnya adalah Nikolai Trubetskoy, Roman Jakobsoe, dan Morris Halle. Mereka berpengaruh dalam bidang fonologi dan sintaksis
Dalam bidang Fonologi membedakan antara fonetik dan fonologi
Dalam bidang sintaksis menelaah kalimat berdasarkan pendekatan fungsional ( struktur formal dan struktur informasi).
C.    Aliran Glosematik
Tokoh pada aliran ini antara lain Louise Hjemslev, meneruskan ajaran Ferdinand de Saussure. Ia berusaha membuat ilmu bahasa menjadi ilmu yang berdiri seendiri, bebas dari ilmu lain, dengan peralatan, metodologis dan terminologis sendiri.
D.    Aliran Firthian
Tokoh John R, Firth terkenal karena teorinya mengenai fonologi prosodi yitu suatu cara untuk menentukan arti pada tataran fonetis. Fonologi prosodi terdiri atas satuan-satuan fonematis dan satuan prosodi.
E.     Linguistik Sistemik
Nama aliran linguistik sistemik tidak dapat dilepaskan dari nama M.A.K. Halliday. Pokok-pokok pandangannya yaitu :
a)      Memberi perhatian penuh pada segi kemasyarakatan bahasa.
b)      Memandang bahasa sebagai ‘pelaksana’ ( pembedaan langue dan parole )
c)      Lebih mengutamakan pemerian ciri-ciri bahasa tertentu beserta variasi-variasinya ( kurang tertarik semestaan bahasa )





3.      Linguistik Tagmemik

Aliran tagmemik diplopori oleh Kenneth L Pike. Menurut aliran ini, unit dasar dari grammar        (tata bahasa) adalah tagmeme. Yang dimaksud tagmeme adalah korelasi antara fungsi gramatikal atau slot dengan sekelompok bentuk kata yang saling dipertukarkan untuk mengisi slot tersebut.  Bahasa menurut Kenneth L. Pike tersusun atas tiga level yaitu phonology, grammar, dan lesixon.
4.      Linguistik Kasus

Tata bahasa kasus pertama kali diperkenalkan olehCharles J. Fillmore dalam karangannya berjudul The Case for Casetahun 1968. Yang dimaksud kasus adalah hubungan antara verba dengan  nomina. Verba disini sama dengan predikat, sedangkan nomina sama dengan argumen dalam teori semantik generatif.
5.      Linguistik Transformasi Generatif
Aliran ini lahir dengan terbitnya buku Noam Chomsky yang berjudul Syntactic Structure pada tahun 1957. Chomsky  membedakan adanya kemampuan dan perbuatan berbahasa. Kemampuan adalah pengetahuan yang dimilikin pemakai bahasa mengenai bahasanya, sedangkan perbuatan adalah pemakai bahasa itu sendiri dalam keadaan sebenarnya.
6.      Linguistik Relasional
Tata bahasa ini muncul pada tahun 1970-an sebagai tantangan langsung terhadap beberapa asumsi yang paling mendasar dari teori sintaksis yang dicanangkan oleh aliran tata bahsa transformasi. Tata bahasa relasional juga berusaha mencari kaidah kesemestaan bahasa. Dalam hal ini tata bahasa relasional banyak menyerang tata bahasa transformasi bkarena  menganggap  teori tata bahasa transformsi tidak dapat diterapkan pada bahasa – bahasa lin selain bahasa inggriis.
Sumber: http://zeyacute.blogspot.com/2013/07/aliran-aliran-dalam-linguistik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar